0
GOLDENTOWNS


Game ini tidak seperti game sejenisnya seperti Market Glory ataupun Goldenbattles yang sangat minim graphics maupun gameplay. Dalam Goldentowns, kita diajak untuk membangun sebuah kota. Bagi anda yang pernah memainkan Sim City, mungkin sudah tidak asing lagi dengan gameplay yang ditawarkan game ini. Anda hanya memerlukan sebuah web browser yang sudah terinstall Flash Player untuk dapat memainkan game ini.

Silahkan daftar link dibawah ini

www.goldentowns.com


Kita dapat membangun kota mulai dari resources factory, town hall, jalan, rumah, police stasion, warehouse, military building, dan masih banyaaaaak lagi. Yang terpenting adalah membangun Gold Mine tentunya

Untuk mengembangkan kota, kita diberi 6 macam sumber daya seperti vegetables, meat, wood, iron, stone, dan clay. Sebagai permulaan kita diberi 100 buah tiap macam.



Di layar bagian bawah Anda dapat melihat seperti berikut ini

Gold yang dimiliki (1) Level (2) The Happiness (3) Accommodation capacity (4) Storage capacity (5), energy (6).

Happiness sangat menentukan berapa lama citizen tinggal di kota Anda, Accomodation Capacity menentukan banyaknya citizen yang dapat tinggal di kota Anda, Storage Capacity menentukan banyaknya sumber daya yang dapat disimpan di kota Anda. Sedangkan energy merupakan kebutuhan dasar Anda untuk mengelola kota, tiap kegiatan memerlukan 1 point energy, dan replenish energy 1 point setiap 1 jam.




Know the Basics

Raw Material

Raw material merupakan aspek terpenting dalam game karena digunakan pada hampir seluruh kegiatan di game ini, mulai dari upgrade bangunan, sampai rekrut pasukan untuk perang. Ada 6 macam raw material di Goldentowns.



Vegetables, tidak seperti material lainnya, vegetables tidak membutuhkan material lain untuk dapat diproduksi. Vegetables digunakan untuk produksi meat, wood, stone dan untuk rekrutmen citizen.

Meat, untuk memproduksi meat dibutuhkan wood, stone, iron dan clay. Digunakan untuk merekrut citizen dan skilled worker.
Wood, membutuhkan meat dan vegetable. Digunakan untuk konstruksi bangunan baru dan upgrade bangunan.
Stone, membutuhkan vegetable, meat dan wood. Stone sangat banyak digunakan untuk konstruksi jalan dan juga untuk upgrade bangunan.
Iron, membutuhkan stone, wood, vegetable dan meat. Sangat diperlukan untuk merekrut prajurit dan artillery untuk keperluan war.
Clay, membutuhkan stone, wood, iron dan meat. Digunakan untuk konstruksi jalan dan upgrade bangunan tingkat tinggi.

Citizen dan Akomodasi

Citizen atau unskilled worker direkrut di city hall. Semakin besar level city hall maka semakin banyak unskilled worker yg bisa direkrut dalam satu waktu. Setiap kegiatan konstruksi ataupun repair bangunan membutuhkan minimal satu unskilled worker. Semakin banyak unskilled worker yg digunakan dalam suatu proses konstruksi, semakin cepat konstruksi tersebut selesai.

Tiap citizen membutuhkan rumah untuk tinggal (akomodasi). Jika seluruh rumah sudah terisi citizen, kita tdk bisa lagi rekrut citizen baru. Solusinya ialah bangun rumah baru atau upgrade rumah yang sudah ada.

Perlu diketahui bahwa citizen yg baru direkrut dinamakan unskilled worker, sedangkan skilled worker ialah teacher, bankir, policeman, firemen, dsb (direkrut di school).

Happiness dan Life Span

Happiness merupakan salah satu indikator yang cukup vital. Life span (umur) dari tiap citizen tergantung dari besarnya happiness kota Anda. Happiness dihitung berdasarkan formula berikut:

G = (Nc / No) * 10 %

G, Derajat kebahagiaan.
Nc, Jumlah dari level rumah.
No, Banyaknya rumah yang ada di kota Anda

Contoh, kota Anda memiliki 3 rumah level 1, 2 rumah level 3, dan 1 rumah level 9. Sehingga Happiness menjadi (1+1+1+3+3+9)/6 = 30%.

Rumus Lifespan = 10 + (0.5*G)
Untuk contoh di atas, life span menjadi 10+(0.5*30) = 25 hari
Perlu diketahui bahwa life span minimal ialah 10 hari.

Storage Capacity

Raw material yang telah selesai diproduksi disimpan di warehouse. Warehouse memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Kapasitas ini dapat dinaikkan dengan membangun warehouse baru atau melakukan upgrade warehouse lama. Apabila kapasitas warehouse sudah 100%, maka hasil produksi yang baru tidak akan tersimpan dan otomatis hilang.

Vegetasi

Pada saat pertama kali memasuki kota, Anda akan melihat bahwa sebagian besar kota anda tertutup oleh hutan / vegetasi. Untuk membangun suatu gedung atau jalan, vegetasi tersebut haruslah terlebih dahulu dihilangkan. Klik di salah satu vegetasi yang terhubung dengan jalan dan akan muncul layar berikut.


Untuk membersihkan vegetasi, klik icon biru di kanan atas. Waktu yang dibutuhkan ialah 24 jam dan membutuhkan raw material sesuai yang tercantum saat itu.

Jalan

Setiap bangunan harus terhubung dengan city hall melalui sebuah jalan. Sebelum upgrade bangunan, Anda harus terlebih dahulu melakukan upgrade level jalan.

Building Construction

Setiap bangunan harus ditempatkan di sisi jalan yang terhubung dengan city hall. Bangunan level tinggi harus terhubung dengan jalan level tinggi pula. Untuk mulai membangun, klik di plot kosong, dan akan muncul pilihan berikut:


Proses konstruksi - Setelah sukses memulai membangun suatu bangunan, maka proses konstruksi akan dimulai. Klik pada bangunan tersbut untuk mengetahui berapa lama proses konstruksinya. Untuk mempersingkat, Anda dapat menambahkan jumlah pekerja dengan mengklik free unskilled worker di sebelah kiri lalu klik tanda panah di tengah.


Degradasi Bangunan - Setiap bangunan akan mengalami degradasi 5% per hari. Setelah 20 hari, bangunan tersebut akan hancur apabila tidak dilakukan renovasi. Untuk melakukan renovasi, klik saja bangunan yang hendak direnovasi dan akan muncul gambar berikut.

Jika bangunan perlu renovasi, maka icon lingkaran panah di kanan atas akan berwarna biru, dan Anda akan langsung diberi tahu jumlah material yang dibutuhkan untuk proses renovasi. Hanya bangunan yang level degradasinya 25% ke atas yang dapat dilakukan renovasi.

Influence Area

Dalam GoldenTowns, cukup banyak bangunan yang diwajibkan berada dalam radius pengaruh bangunan lainnya (influence area).


Semakin besar level bangunan maka semakin luas pula radius influence areanya. Apabila bangunan tersebut kehilangan bangunan lain yang menjadi kebutuhan influencenya, maka bangunan tersebut tidak dapat berfungsi.


=======================================================================

Kita Mulai Awal Permulaan Bermain Goldentowns


Gambaran Umum Awal Posisi Pembangunan



CATATAN: Jangan membangun bangunan lain untuk fasilitas produksi  / tambahan bangunan untuk bahan baku seperti daging & pertanian sayuran Karena tidak Akan dibutuhkan pada saat ini . bangunan produksi saat ini sudah cukup untuk Menyediakan semua kebutuhan sumber daya Anda sampai ke Tahap selanjutnya.

1 . Jangan mengoperasikan Iron & Clay Karena Anda tidak Akan Membutuhkan itu saat ini .
2 . Mulai produksi Vegetable , Meat , kayu dan batu bangunan .
3 . Gunakan pekerja anda bila populasi dibawah 100 % sehingga Anda dapat memaksimalkan waktu anda di Goldentowns.
4 . Buat jalan mulai dari balai kota / kota menuju ke bangunan Vegetable .
5 . Upgrade ke lv 2 bangunan vegetable .
6 . Mulai produksi daging , kayu & batu . Jika tidak tersedia, maka lanjutkan ke langkah berikutnya .
7 . Bangun jalan lv 2 dari balai kota ke peternakan Meat .
8 . Upgrade ke Lv 2 Meat  .

FAQ : Mengapa kita memprioritaskan meningkatkan produksi Meat, Selain Bangunan yang lain? .

JAWABAN : Ini Karena Meat lebih murah untuk dihasilkan dibandingkan dengan kayu dan batu . Jika Anda memilih untuk meng-upgrade yang lain / upgrade pekerja, Mungkin Anda akan mengalami kekurangan bahan

9 . Upgrade ke pabrik kayu q2 . ( Lebih murah dari batu )
10 . Upgrade ke q2 pabrik batu .
11 . Upgrade Jalan lv 2 sisi paling kanan jalan ( 7-8 ubin ) dari balai kota ,diantara 3 rumah dan bangun pasar di lokasi itu . ( Lihat gambar di atas )

CATATAN : Pada hari berikutnya atau setelah anda beristirahat  , dianjurkan untuk mengikuti urutan ini .

12 . Upgrade lv pada  3 rumah di bawah Pengaruh MARKET .
13. Build q3 jalan dari balai kota untuk pertanian sayuran .
14 . Upgrade ke pertanian sayur q3 .
15 . Membangun jalan q3 dari balai kota ke peternakan daging .
16 . Upgrade ke Q3 daging pertanian .
17 . Upgrade ke pabrik kayu q3 .
Upgrade ke 18 batu pabrik q3 .
19 . Pabrik besi upgrade ke q2 .
20 . Upgrade ke pabrik q2 tanah liat .
21 . Membangun jalan q3 dari balai kota sampai dengan 3 rumah di depan pasar . (Sisi kanan )


CATATAN : Hal ini tergantung pada jadwal Anda bermain sehingga mungkin bisa terjadi perbedaan ( Lv 1 = 3 jam, Lv 2 = 6 jam , Lv 3 = 12 Jam ) Tergantung seberapa aktif anda bermain.

22 . Membangun Kantor Polisi di sisi kiri pasar . ( Lihat gambar di atas )
23 . Sudah dibangun Kantor Polisi , kemudian upgrade ke q3 Bahwa Mereka rumah di bawah wilayah Pengaruhnya .
24 . Upgrade ke q2 pasar .
25 . Pasar Sudah upgrade ke q2 , kemudian upgrade Bahwa Mereka rumah di bawah wilayah Pengaruhnya .
26 . Membangun Sekolah di sisi kiri Kantor Polisi .
27 . Sekolah Sudah dibangun , kemudian melatih Polisi di Sekolah .
28 . Sewa Polisi ke Kantor Polisi .


29 . Membangun jalan q4 dari balai kota untuk pertanian sayuran .
30 . Sayuran Upgrade ke q4 .
31 . Membangun jalan q4 dari Balai Kota ke peternakan daging .
32 . Daging upgrade pertanian untuk Q4 .
33 . Kayu Upgrade ke q4 .
34 . Upgrade Stone untuk Q4 .
 35 . Besi Upgrade ke Q3 .
36 . Liat Upgrade ke Q3 .

Congrats ! Bangunan produksi utama Anda upgrade ke Q4 , itu berarti Bahwa Anda dapat duduk santai dan rileks karena proses adalah 24 jam.

37 . Membangun Firehall di sisi kanan pasar .
38 . Sudah Firehall dibangun , kemudian upgrade ke q2 kantor polisi . Proses ini membutuhkan polisi tambahan untuk meng-upgrade , sehingga melatih satu sama lain di sekolah .
39 . Polisi Sudah dilatih , kemudian upgrade kantor polisi untuk q2 .
40 . Meng-upgrade rumah bawah Pengaruh q2 kantor polisi , kemudian menyewa pemadam kebakaran di sekolah .
41 . Membangun jalan q4 dari balai kota sampai ke kantor polisi .
42 . Meng-upgrade rumah bawah Pengaruh Firehall .
43 . Upgrade Firehall ke q2 . ( Perlu untuk menyewa pemadam kebakaran lain )
44 . Sudah dibangun Firehall q2 , kemudian upgrade rumah di bawah wilayah Pengaruhnya .


45 . Opsional : Membangun tambahan gudang q1 # 2 (lihat gambar di atas ) sehingga Anda dapat menghindari kelebihan LV 4 sumber daya karena pabrik-pabrik dapat menghasilkan 180-200 sumber daya .

46 . Menghancurkan hutan dan membangun jalan q1 dalam persiapan untuk rumah sakit .
47 . Membangun rumah sakit .
48 . Rumah Sakit q2 Sudah dibangun , kemudian upgrade ke q3 kantor polisi .
49 . Kantor polisi Sudah q3 dibangun , kemudian upgrade rumah di bawah wilayah Pengaruhnya .
50 . Membangun Gereja .
51 . Upgrade Firehall ke q3 .
52 . Sudah dibangun Firehall q3 , q2 kemudian upgrade ke gudang .
53 . Upgrade ke sekolah q2 .
54 . Kereta / menyewa dokter .
55 . Membangun jalan q5 dari balai kota ke kantor polisi .
56 . Upgrade ke rumah sakit q1 q2 .
57 . Rumah Sakit q2 Sudah dibangun , kemudian upgrade rumah di bawah wilayah Pengaruhnya .
58 . Upgrade ke sekolah q3 .
59 . Kereta / menyewa imam .
60 . Membangun jalan q5 dari balai kota untuk pertanian sayuran .
61 . Upgrade ke q5 sayuran .
62 . Membangun jalan q5 dari balai kota ke peternakan daging .
63 . Upgrade ke daging q5 .
64 . Upgrade ke kayu q5 .
65 . Upgrade ke batu q5 .
66 . Upgrade ke besi q4 .
67 . Upgrade ke q4 tanah liat .


END
Congrats ! Anda sudah lulus dari menjadi seorang pemula , langkah selanjutnya adalah terserah Anda bagaimana Anda akan memilih gaya bermain Anda . Anda dapat mencoba membangun sebuah tambang emas ( YAY ) atau hanya terus mengupgrade kota Anda .



========================================================================








Post a Comment

 
Top