0
Pengendalan manajemen merupakan keharusan dalam suatu organisasi yang memperaktekan desentralisasi. Salah satu pandangan berargumentasi bahwa sistem pengendalian manajemen harus  sesuai dengan strategi perusahaan. Ini menyiratkan bahwa strategi pertama kali dikembangkan melalui proses formal dan rasional, dan strategi ini kemudian menentukan desain sistem manajemen perusahaan, satu perspektif  alternatif mengatakan bahwa strategi muncul melalui ekspermentasi yang dipengaruhi oleh sistem manajemen perusahaan. Menurut pandangan ini, sistem pengendalian manajemen dapat mempengaruhi perkembangan strategi. Kedua sudut pandang ini akan di bahas, beserta implikasinya dalam hal desain dan oprasi sistem pengendalian manajemen.

Bila perusahaan beroperasi dalam konteks industri yang perubahan lingkunganya dapat diprediksikan, maka perusahaan dapat menggunakan proses foral dan rasional untuk mengembangkan strategi terlebih dahulu, kemudian baru mendesain sistem pengendalian manajemen untuk melaksanakan strategi tersebut. Meskipun demikian, dalam lingkungan yang cepat berubah, perusahaan mengalami kesulitan untuk merumuskan strategi terlebih dahulu lalu kemudian mendesainsisem manajemen untuk melaksanakan strategi yang diplih. Mungkin dalam konteks seperti ini, strategi muncul melalui eksperimentasi dan proses di luar rencana yang sangat signifikan di pengaruhi oleh sistem pengendalian manajemen perusahaan.

Di peroleh dari kebenaran yang tidak dapat disangkal lagi dan yang diterima secara luas yaitu bahwa lebih dari 90 persen perusahaan (dan juga organisasi nirlaba) kandas di karang implementasi mungkin strategi tersebut tidak pernah ada atau mengalami distorsi, atau implementasinya ternyata jauh lebih mahal dan memakan waktu lebih banyak dari apa yang diantisipasi. Tidak peduli betapa baiknya maksud strategi tersebut, jika tidak menjadi kenyataan hal tersebut adalah sia-sia. Sebaliknya, perusahaan yang berkinerja tinggi berhasil dalam pelaksanaannya. Buku ini menyajikan konsep, kerangka, dan alat untuk membantu pembaca memperoleh “ keunggulan pelaksanaan”.





Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Sistem Pengendalian Manajemen, Definisi Sistem Pengendalian Manajemen

Post a Comment

 
Top