0




Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa mashiro merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal yang didirikan serta diselenggarakan oleh Yayasan La Tansa Mashiro Rangkasbitung, sebuah yayasan pendidikan yang dirintis oleh salah seorang pendidik par-excellent Banten, KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arief  Allahuma Yarham
STIE La Tansa Mashiro didirikan berdasarkan Akta Yayasan La Tansa Mashiro    yang dibentuk pada tanggal 9 Januari 1991 dengan legalitas Akta Notaris Jusnita Gunawan SH. Nomor : 4  dan Akta Perubahan Anggaran Dasar Yayasan La Tansa Mashiro pada Notaris Aliasman, S.H., M.Kn. tertanggal 10 Juni 2010 Nomor : 1 yang telah terdaftar pada kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-2849.AH.01.04 tahun 2010.
Pada tahun 2003 STIE La Tansa Mashiro mendapatkan  Perpanjangan ijin Penyelenggaraan Program Studi menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, di tanda tangani Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi  tanggal, 27 Oktober 2003. Nomor: 3137/D/T/2003. pada tahun 2009 STIE La Tansa Membuka 2 program studi baru yaitu program studi S1 akuntansi dan program studi S2 Magister Manajemen, untuk program studi akuntasi pelaksanaan perkuliahan resmi dilaksanakan pada tahun akademik 2009/2010 dan program studi magister manajemen pada tahun akademik 2010/2011.
pada bulan Oktober 2010 program studi manajemen mendapatkan Re-akreditasi dengan peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010 tertanggal 29 Oktober 2010.
Sebagaimana tertuang dalam dokumen sejarah pendirian serta Rencana Induk Pengembangan (RIP) STIE La Tansa Mashiro. dipersiapkan sebagai “cikal bakal” bagi Universitas Islam La Tansa Mashiro (UNILAM) Rangkasbitung. Dari Universitas dimana diharapkan lahir para sarjana yang bukan hanya unggul dari sisi ilmu pengetahuan, tetapi juga handal dari sisi keimanan dan moralitasnya.
Atas dasar visi yang dilandasi oleh prinsip keseimbangan antara dimensi ukhrowi dan duniawi itu, maka keberadaan sekolah tinggi ini dirancang sudah sedemikian rupa, khususnya secara psikologis agar memiliki semacam ikatan nilai, semangat serta moralitas dengan tradisi adiluhung kependidikan Islam. Dan untuk mendekatkan visi itu kepada kenyataan faktual dikemudian hari, maka salah satu strateginya terletak pada pilihan penempatan kampus STIE La Tansa Mashiro di lingkungan integral Komplek Pondok Pesantren Modern La Tansa Mashiro yang didalamnya telah terlebih dahulu diselenggarakan pendidikan formal di tingkat Menengah Pertama dan Menengah Atas.
Demikian maka pada periode permulaan antara tahun 1993 sampai dengan 1995. STIE La Tansa Mashiro Rangkasbitung dilakukan di lingkungan Komplek Pondok Pesantren Modern La Tansa Mashiro di Parakansantri, ujung timur Kabupaten Lebak-Banten.
Selepas kurang lebih dua tahun, keberadaan STIE La Tansa Mashiro kemudian dipindahkan ke kota Rangkasbitung. Langkah ini diambil berdasarkan pertimbangan realistis, bahwa keberadaan kampus STIE La Tansa Mashiro di Parakansantri ternyata kurang tepat, karena para calon mahasiswa justru mayoritas berasal dari lingkungan kota Rangkasbitung dan sekitarnya, yang memang cukup jauh dari parakan santri (+ 40 Km.)
Sejak pemindahan itu, tepatnya tahun 1995, penyelengaraan kegiatan akademik STIE La Tansa Mashiro dipusatkan di Komplek Perguruan Muhamadiyah Lebak, di kawasan Salahaur kota Rangkasbitung, sebuah kawasan pemukiman yang menjadi “Langanan Banjir Tahunan”, pihak yayasan mulalui menggarap proses pembangunan kampus Pasirjati di kawasan By Pass Soekarno-Hatta Pasirjati Rangkasbitung. Dikampus inilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa Mashiro dan juga Universitas “Masa Depan” La Tansa Mashiro dipusatkan.
Dan pada tahun 1998, Kampus Pasirjati yang sesunggunya masih darurat itu mulai digunakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa mashiro. Di kampus inilah “Para Generasi Pembuka” dilahirkan sebanyak 37 orang Sarjana Ekonomi Manajemen adalah para sarjana yang telah menyelesaikan seluruh tugas akademiknya dari angkatan 1994, 1995,1996 dan 1997.
Dengan kepercayaan yang lebih besar lagi diberikan oleh masyarakat, Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Insya Allah akan terus menerus berusaha meningkatkan serta mengembangkan kualitas sebagai aspek keberadaanya. Karena hanya dengan cara inilah visi almarhum penggagas dan pendiri Perguruan Tinggi ini dapat terwujudkan.
Yakni berperan serta dalam proses pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia secara integratif, untuk mengantisipasi secara cermat, kreatif dan produktif terhadap berbagai tantangan zaman serta dinamika kehidupan yang semakin berat dan kompetitif. Insya Allah.
Visi
Menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa Mashiro yang profesional, berkualitas dan menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah serta memiliki jiwa entrepreneurship.
Misi
1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidang ilmu ekonomi.
2. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran akhlak dan syariah secara integral.
3. Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang pengembangan ilmu ekonomi.
4. Mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram dengan mengacu pada telaah dan kajian bidang ilmu ekonomi.
5. Menjalin kerja sama dengan pihak terkait dalam upaya meningkatkan jiwa entrepreneurship.
Tujuan
1. Menciptakan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan memiliki profesionalisme yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperluas ilmu ekonomi manajemen.
2. Menyiapkan lulusan yang dapat mengimplementasikan keahlian dalam bidang ilmu ekonomi serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
3. Menghasilkan sarjana yang berilmu tinggi, berakhlak mulia dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap kebenaran dan keadilan.
4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalin kerja sama dengan pihak terkait dalam upaya meningkatkan jiwa entrepreneurship.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran
Sekolah Tinggi bertekad untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Lulusan memiliki jiwa berwiraswasta, inovatif dan berakhlak mulia serta mampu bekerja di segala bidang yang dibingkai dengan etika profesi dalam bidang ilmu ekonomi manajemen.
2. Lulusan mempunyai wawasan keilmuan yang memadai dan mampu menerapkannya dalam dunia nyata.
3. Lulusan memiliki kemampuan memimpin, mengolah dan menganalisis, serta memberikan bantuan kepada masyarakat, lembaga pemerintah dan swasta sesuai dengan bidang keahliannya.
4. Lulusan memiliki jiwa entrepreneurship.

Strategi pencapaian
Dalam rangka pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran, maka program studi melakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Mengkoordinasikan program studi untuk mengevaluasi kurikulum, silabus dan SAP berdasarkan kebutuhan di lapangan yang disesuaikan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah tinggi.
2. Reqruitment dosen yang sesuai dengan bidang keahliah dengan kualifikasi minimal Strata 2.
3. Meningkatkan SDM melalui pelatihan-pelatihan baik tingkat regional maupun nasional.
4. Meningkatkan kualifikasi dosen dengan pemberian tugas belajar/studi lanjut.
5. Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang representatif.
Sumber: http://www.latansamashiro.ac.id

Post a Comment

 
Top