0
Inflasi dapat membawa akibat negatif dan positif, tergantung dari kedudukan golongan masyarakat ketika terjadi inflasi.

Pengaruh inflasi terhadap golongan-golongan yang ada dalam masyarakat:
1. Golongan debitur dan kreditur
Bagi golongan debitur, inflasi menguntungkan karena mereka diperbolehkan membayar hutang-hutangnya dengan uang yang daya belinya lebih rendah dari pada waktu mereka meminjam. Sebaliknya inflasi merugikan golongan kreditur, karena mereka akan menerima kembali uang yang dipinjamkannya dengan daya beli yang semakin rendah jika dibandingkan dengan waktu peminjaman.
2. Golongan pengusaha
Inflasi menguntungkan golongan pengusaha, karena harga-haraga barang akan terus naik sehingga keuntungan terus bertambah bersamaan dengan terjadinya kenaikan harga, upah akan naik dengan sangat lambat. Keadaan ini akan menguntungkan bagi perusahaan tetapi merugikan karyawan.
3. Golongan penerima gaji dan upah
Inflasi tidak menguntungkan bagi golongan ini, karena upah mereka, standar hidup mereka jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pada saat harga-harga belum naik.
4. Golongan investor
Daya inflasi akan menguntungkan bagi investor yang menanamkan modalnya dalam bentuk saham, tetapi merugikan bagi mereka yang menanamkan modalnya dalam bentuk obligasi dan pinjaman jangka panjang yang berupa berbunga tetap.
5. Golongan petani
Pada umumnya golongan petani akan memperoleh keuntungan karena harga-harga produksi/hasil pertanian meningkat.

Post a Comment

 
Top